Pemdes Barongan
Website Resmi Pemerintahan Desa Barongan Kudus

BERITA DESA

PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DI DAMPINGI OLEH MAHASISWA KKN-IK IAIN DESA BARONGAN KUDUS
30 SEP 2021 - 15:09

Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa untuk Menangani Dampak Pandemi COVID-19

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) termasuk dalam skala prioritas dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dan merupakan salah satu program dalam skema pemulihan ekonomi nasional yang diharapkan dengan diperpanjangnya masa program BLT Dana Desa dapat meminimalkan dampak ekonomi bagi masyarakat desa yang diakibatkan oleh kondisi pandemi COVID 19.

 

Dana Desa (DD) yang setiap tahun diterima desa secara rutin juga tak luput dari kebijakan penggeseran anggaran. Menurut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) No. 1 Tahun 2020, pemanfaatan DD pada tahun anggaran 2020 diprioritaskan untuk bantuanlangsung tunai (BLT) bagi penduduk miskin dan upaya penanganan pandemi COVID-19. Berdasarkan Permendes PDTT No. 6 Tahun 2020, penerima sasaran BLT-DD adalah keluarga miskin nonpenerima Program Keluarga Harapan (PKH)/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yang (i) kehilangan mata pencaharian, (ii) belum terdata, dan (ii) mempunyai anggota keluarga dengan penyakit menahun/kronis.

 

 

Pada tanggal 8 September 2021 Desa Barongan mengucurkan dana BLT Rp.300.000 Tahap ke-9 untuk para masyarakat Desa Barongan. Dalam acara ini Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Desa Barongan turut serta membantu berjalannya acara tersebut. Dengan didampingi oleh Bapak Bowo selaku sekdes Desa Barongan. Acara berjalan dengan lancar hingga selesai.