Pemdes Barongan
Website Resmi Pemerintahan Desa Barongan Kudus

BERITA DESA

MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS SELENGGARAKAN SEMINAR MODERASI BERAGAMA
02 OKT 2021 - 06:10

Seminar Keagamaan

Mahasiswa KKN - IK IAIN Kudus Desa Barongan Adakan Seminar Moderasi Beragama

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus desa Barongan mengadakan seminar keagamaan di aula balai desa Barongan pada Senin, 27 September 2021. Seminar keagamaan ini mengusung tema " Mewujudkan Masyarakat Moderat Beragama di Desa Barongan"

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Bambang Husni Juniatmoko, SE selaku kepala desa Barongan, Bapak Salafudin ( tokoh agama desa Barongan ), pemuda desa Barongan yang di wakili anggota  IPNU-IPPNU Ranting Barongan, dan Karangtaruna. Acara seminar dipimpin oleh Saudari Uliz Zakiyyah selaku MC atau Pembawa Acara dengan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Saudara Wahyu Gusti Pratama dilanjutkan dengan sambutan oleh Bapak Kepala Desa Bambang Husni Juniatmoko, SE.

Memasuki Acara Inti yaitu Seminar Moderasi Beragama yang di Moderatori oleh Saudari Annisa’ Maulidya Inayah dengan Narasumber Bapak Moh. Muhtador,S.Ud, M.Hum. Seminar ini bertujuan untuk mewujudkan mengedukasi pentingnya sikap moderasi beragama dalam bermasyarakat.

Dalam penuturannya beliau Bapak Moh. Muhtador,S.Ud, M.Hum menjelaskan bahwa beberapa ciri orang yang memiliki sikap Moderasi Beragama diantaranya yaitu Tawazun (Seimbang), Tawasud (Posisi Tengah), I’tidal (Adil/Lurus), dan Tasamuh (Toleransi). Dengan sudah memiliki sifat-sifat tersebutlah seseorang baru dapat dikatakan memiliki nilai Moderasi Beragama. Dalam Penjelasannya Beliau Bapak Moh. Muhtador,S.Ud, M.Hum juga sangat senang bisa di jadikan narasumber dan mengapresiasi KKN-IK IAIN Kudus yang telah menyelenggarakan seminar moderasi beragama di desa Barongan dan berharap seminar kali ini bisa bermanfaat bagi masyarakat desa Barongan dan sekitarnya.

Acara terakhir ditutup oleh Moderator dan dikembalikan kepada MC dilanjutkan pembacaan Do’a penutup oleh Saudara Wahyu Gusti Pratama dilanjutkan sesi Foto Bersama.