Pemdes Barongan
Website Resmi Pemerintahan Desa Barongan Kudus

BERITA DESA

MENGULIK KESENIAN BARONGAN DI DESA BARONGAN OLEH KKN-IK IAIN KUDUS
02 OKT 2021 - 12:10

SANGGAR KESENIAN BARONGAN GITO BUDOYO

Pada hari Juma’at tanggal September 2021, Mahasiswa KKN-IK mendatangi salah satu Sanggar Kesenian Barongan yang berada di Desa Barongan. Sanggar Kesenian Barongan tersebut bernama Sanggar Kesenian Gito Budoyo. Sanggar Kesenian Gito Budoyo didirikan oleh Bapak Sugito atau lebih dikenal dengan nama Mbah Gito pada sekitar tahun 1990-an yang berlokasi di RW 01/RT 01 Desa Barongan.

Awal mula didirikannya Sanggar Kesenian Barongan Gito Budoyo ini berdasarkan atas inisiatif dari Bapak Sugito yang pada waktu itu melihat di Desa Barongan ini tidak ada kesenian Barongan. Kemudian Bapak Sugito mulai mencoba membuat sendiri barongannya, meskipun pada proses pembuatannya Beliau mengalami kesulitan karena tidak ada Barongan yang bisa digunakan sebagai contoh.

Bapak Sugito mulai mencoba mempertunjukkan Barongan buatannya di acara-acara besar seperti acara Kampanye dan acara Kemerdekaan. Dari sinilah mulai banyak masyarakat yang tertarik dengan Barongan milik Bapak Sugito. Barongan milik Bapak Sugito ini sangat diminati oleh masyarakat, khususnya anak-anak.

Untuk sekali pertunjukan biasanya Bapak Sugito memberikan tarif Rp. 1.000.000, Sedangkan untuk penyewaan Barongan Beliau memberikan tarif mulai dari Rp. 100.000-500.000 untuk satu hari penyewaan. U ang hasil dari pertunjukan dan penyewaan Barongan ini digunakan oleh Bapak Sugito untuk membeli perlengkapan Barongan dan kebutuhan sehari-hari.

Untuk cara penyewaannya sendiri cukup mudah yaitu cukup dengan meninggalkan kartu identitas. Selain itu, Bapak Sugito menuturkan bahwa untuk pertunjukan dan  penyewaan Barongan pada tahun 2020-2021 mulai mengalami penurunan dikarenakan adanya pandemi Covid-19.